Menjelang Gerhana Matahari

Menjelang Gerhana Matahari – Sebentar lagi, Indonesia akan menjadi saksi dari fenomena alam yang langka yakni gerhana matahari total yang bisa di lihat di beberapa kota di Indonesia. Tentu saja, kesempatan ini tidak ingin dilewatkan oleh masyarakat, dimana banyak dari calon wisatawan yang sangat berminat untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari ini dengan mendatangi kota-kota yang masuk ke dalam daftar.

Sayangnya, nampak hanya beberapa daerah saja yang gencar melakukan promosi untuk menarik calon wisatawan agar datang ke kotanya. Itupun, saya rasa promosi yang dilakukan masih kurang maksimal. Padahal, ini merupakan kesempatan emas, dimana mereka bisa memperkenalkan daerahnya sebagai tempat wisata. Bukan hanya untuk masyarakat atau wisatawan lokal, tetapi juga untuk wisatawan asing.

Iya, menurutku keuntungan dari sisi ekonomi bukan hanya datang dan berlangsung ketika momen gerhana matahari itu saja, tetapi ini merupakan peluang untuk membuka mata dunia bahwa daerahnya layak untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang terdapat di Indonesia, dengan catatan jika daerah yang dikunjungi tersebut mampu memberikan kesan yang baik bagi wisatawan yang berkunjung.

Dan jika berhasil, mereka yang pernah berkunjung ini bisa saja memutuskan untuk datang kembali untuk menjelajah lebih jauh, atau bahkan mungkin mereka bisa merekomendasikan tempat tersebut bagi teman-temannya. See? Ada chain reaction disana, yang bisa menguntungkan jika kita mampu memaksimalkannya.

Lalu bagaimana kira-kira cara untuk promosi yang baik? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media di Internet. Entah itu melakukan promosi di media besar, ataupun blog-blog. Saya akan membuat ulasan khusus soal ini nanti. Yang penting sekarang, yuk kita promosikan daerah kita, agar dapat menciptakan chain reaction seperti yang sudah saya sebut diatas!