Anak Kos Di Tanggal Tua – Kamu pernah jadi anak kos? Pengalaman seru apa yang kamu alami selama jadi anak kos? Aku yakin, pasti ada banyak banget pengalaman unik yang dilalui oleh masing-masing orang. Tapi aku yakin, hampir semua anak kos pasti pernah mengalami gimana horornya menghadapi tanggal tua. Yap, bagian itu adalah bagian paling seru dari pengalaman menjadi anak kos.

Ada berbagai macam cara yang digunakan anak kos untuk dapat bertahan melalui kejamnya tanggal tua. Mulai dari pinjam uang ke temen sampai jual hape demi untuk sekedar bisa makan. Terus pas udah tanggal muda, beli hape baru lagi deh. Hihihi 😀

Sebenernya sih sah-sah aja, tapi aku rasa itu adalah cara mengelola keuangan yang buruk, karena pasti ada margin antara nilai jual hape dengan nilai belinya. Apalagi kalo jualnya di tanggal tua, pasti deh harganya bakal dijatuhin banget biar cepet laku. Nah jadi sebaiknya hal seperti ini mesti kita hindari ya gaes.

Beberapa yang lain mungkin juga merasa kekurangan, tapi mereka punya strategi masing-masing agar tak sampai benar-benar tak bisa memenuhi kebutuhannya, apalagi sampai harus menjual aset. Sebagian besar aku yakin pasti lebih ke soal bagaimana mereka mengatur menu makanan, atau mungkin ada juga yang lebih memilih untuk masak bersama, karena memang cara itu cukup efektif untuk berhemat.

Yang lain malah lebih unik lagi, yaitu dengan membeli cemilan yang murah, dapet banyak, tapi nggak enak supaya gak cepet habis, seperti yang dituliskan oleh admin Dabelyu XYZ pada posting tips menghadapi tanggal tua. Hahahahah, ada-ada aja, ya? Tapi masuk akal juga sih.

Sisi positifnya, di masa-masa ini kita jadi lebih bisa menghargai apa yang kita punya, dan tak meremehkan rejeki sekecil apapun itu, termasuk sisa-sisa receh yang kita punya. Tapi yaa mungkin hanya sebagian aja sih yang bisa menyadari hal itu, sebagian lain mungkin hanya akan cuek.

Tapi intinya, tamggal tua adalah momen paling seru bagi anak kos, karena hampir semua problematika hidup bakal muncul di hari menjelang akhir bulan tersebut.