Mulai Tertarik Fotografi Menggunakan Ponsel – Sebelumnya aku nggak terlalu peduli soal yang namanya fotografi. Kamera di hape pun biasanya cuma ku manfaatkan untuk asal jepret aja, yang penting momen terabadikan. Tapi entah kenapa aku mulai tertarik dengan dunia fotografi setelah melihat karya beberapa temanku yang ternyata jago untuk masalah ini. Yang bikin kagum, ternyata foto-foto karya mereka itu diambil cuma dengan modal kamera hape aja. Wow!

Akupun kemudian mulai penasaran untuk mengeksplorasi kamera di hapeku. Coba jepret sini, coba jepret sana, coba bidik ini, coba bidik itu. Tapi kok yaa hasilnya masih jauh dari kata mantab ya? Padahal kata orang, kamera di hapeku ini bagus. Hemm, apa ya yang salah?

Setelah ku cari tau, ternyata memang untuk menghasilkan foto yang bagus itu gak bisa cuma asal jepret aja, dan ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan. Yang paling utama adalah kita mesti paham dasar-dasar fotografi seperti segitiga exposure yang berupa ISO, shutter speed dan aperture. Yap, dan ternyata setelah paham dasar-dasar itu, aku jadi lebih paham kenapa kok fotoku terlihat gak maksimal. Thanks to Techijau.com yang sudah memberikan beberapa artikel yang berkaitan soal fotografi yang bisa kamu lihat di halaman ini.

Tapi yaa nggak cuma itu aja sih. Ada beberapa faktor lain yang mesti diperhatikan sebelum mengambil foto. Misalnya yaa objek yang kita bidik. Kalo objek yang kita bidik ternyata gak punya sesuatu yang menarik, jelas orang gak bakal tertarik untuk melihatnya. Dan mungkin termasuk kamu juga akan menilai bahwa fotomu itu jelek. Tapi kalo sudah begitu, jangan salahkan kameramu yaa. Hihihihi 😛

Objek yang menarik itu maksudnya nggak harus ribet, super bagus atau yang lainnya, karena objek dengan bentuk yang sederhana aja sebenernya bisa jadi bahan foto. Nah kalo sudah nemu objek utama itu, maka kita harus pintar-pintar menempatkannya di tempat yang sekiranya enak dipandang di dalam frame. Jangan lupa untuk perhatikan juga untuk background nya, supaya nampak lebih menarik.

Terus poin terakhir yang tak kalah penting adalah kita mesti memastikan bahwa kita telah menangkap foto dengan posisi yang tidak miring. Karena foto yang miring biasanya akan mengurangi keindahan dari foto itu sendiri. Iya kan? Sebenernya masih banyak lagi poin-poin yang harus diperhatikan. Aku sendiri pun masih harus banyak belajar kok. Dan kalo kamu mau belajar lebih lagi, kamu bisa luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel yang juga ditulis di Techijau.com yang berjudul Tips fotografi menggunakan kamera smartphone.