Hal Yang Baru Ku Ketahui Soal Samsung – Tetangga sebelah sono baru aja beli hape baru dengan merk Samsung. Tapi, ada yang sedikit aneh. Biasanya kan orang kalo beli hape baru tuh suka bangga-bangga sendiri terus auto pamer gitu yaa, lah ini nggak.

Bukannya sumringah, dia malah keliatan agak muram gitu waktu lagi ngobrolin soal hapenya. Katanya sih ada yang janggal, tepatnya di bagian dus hapenya yang ternyata ada tulisan “dibuat di Indonesia”. Dan karena itulah dia khawatir dan curiga kalau ternyata hape yang baru dibelinya itu palsu. Hemm, emangnya hape Samsung yang asli buatan negara mana?

Jadilah aku telusuri si Samsung ini karena penasaran. Dan setelah ku cari tau, ternyata Samsung ini merupakan brand asal Korea Selatan. Ohh, pantes aja dikiranya palsu! Tapi bentar, bukannya itu wajar ya? Maksudku, kan vendor-vendor hape tuh mempercayakan perakitan perangkatnya di luar negaranya sendiri ya untuk menghemat biaya produksi? Contoh aja, banyak banget kan hape Made in China, sementara vendornya sendiri bukan berasal dari China? Tapi aneh juga kalo perakitannya di Indonesia, karena sebelum-sebelumnya kan langganannya kalo nggak China ya Malaysia atau Vietnam.

Ternyata, aku baru dapet jawabannya di Techijau.com yang menyebutkan bahwa memang sekarang ini banyak vendor hape yang memproduksi hapenya di Indonesia demi memenuhi aturan TKDN yang berlaku di negeri ini. Jadi, semua hape yang punya konektivitas 4G LTE tuh wajib punya tingkat kandungan dalam negeri sekian persen (aturannya bisa berubah-ubah tiap taun) supaya bisa mendapat ijin untuk memasarkan hapenya secara resmi di Indonesia. Wah, aku baru tau kalo ada aturan macam ini.

Tapi anehnya kok masih banyak yaa hape “non resmi” yang bisa dijual bebas di sini? Berkeliaran gitu aja di toko hape meskipun nggak memenuhi standar TKDN? Entahlah.. BTW, untuk tau lebih lanjut, coba deh cek di Techijau atau bisa search di Google dengan kata kunci :

Kenapa banyak hape made in Indonesia Techijau

Nah sekarang balik lagi ke bahasan awal. Jadi itu berarti, hapenya doi yang kita bahas diatas itu sebenernya asli! Dan bagi kamu yang juga menemukan hal serupa di hapemu, kamu nggak perlu panik karena yaa emang begitu! Hape dibuat di Indonesia dalam rangka demi mengikuti regulasi. Dan kuharap, calon pembeli bisa cerdas juga yaa untuk memilih produk yang udah resmi dengan mengikuti regulasi yang ada. Karena untuk sekedar mengikuti regulasi tuh butuh perjuangan yang nggak sepele loh!