Trend Layar Smartphone 2018: Makin Aneh?

Trend Layar Smartphone 2018: Makin Aneh? – Sejak Apple dan Samsung berlomba-lomba bikin smartphone dengan layar yang punya bezel tipis, trend desain smartphone menjadi sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya dari sisi layar.

Kalau dulu, mungkin para desainer smartphone nggak perlu repot memikirkan desain layar smartphone. Karena yaa dulu tuh memang gitu-gitu aja desainnya; Kotak! Mereka nggak pusing untuk menempatkan kamera depan karena cukup diletakkan di bezel bagian atas atau bawah.

Kalau sekarang? Ya sebagian sih memang masih ada yang kotak, dengan sudut-sudut yang dibuat membulat. Sebagian yang lain, ada yang pakai notch (jidat) lah, ada yang desainnya seperti titik embun lah, hingga ada pula yang seperti jerawat.

Wait, seperti jerawat? Iya, maksudnya seperti jerawat itu… Jerawat itu kan munculnya bisa dimana-mana ya, dan biasanya nggak simetris atau nggak muncul pas ditengah-tengah. Nah maksudnya disini tuh ya itu, penempatan kameranya nggak simetris di tengah dan nggak pakai notch seperti desain iPhone. Jadinya yaa aneh aja …

Tapi kabar baiknya, desain kamera depan yang penampakannya seperti jerawat itu saat ini masih sebatas rumor dan konsep. Aku sih berharapnya yaa itu cuma sebatas konsep aja, jangan dijadiin beneran karena pasti bakalan aneh dan nggak cantik.

Walaupun demikian, menurutku konsep dari Samsung untuk menempatkan jerawatnya agak menjauh dari bezel bagian atas, terlihat cukup baik dan nggak seburuk jerawat yang ditempatkan menempel dengan bezel. Meskipun yaa tetep, sama-sama aneh!

Konsep yang aku maksud ini juga entah bakalan jadi kenyataan atau nggak. Namun menurut bocoran yang ku baca di GSMArena, konsep ini bakal digunakan pada perangkat Samsung Galaxy A8s yang diyakini bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Desain-desain yang aneh-aneh ini adalah demi untuk dapat membuat ponsel memiliki bezel yang sangat tipis di layarnya, namun tetap dapat menempatkan kamera dibagian depan. Yah kalo menurutku sih nggak perlu dibikin terlalu tipis juga itu bezel. Karena justru bakalan bikin hape makin susah digenggam dan berpotensi salah input waktu digenggam sambil dinyalakan.

Kamu bakal paham setelah mengalami sendiri.

Comments are closed.