Ramadhan 1436 H

Ramadhan 1436 H – Alhamdulillah, gak terasa kita udah memasuki bulan ramadhan lagi. Dan sebagai umat muslim, salah satu kewajiban di bulan ini adalah menunaikan ibadah puasa. Ada yang beda dari ramadhan kali ini dengan ramadhan tahun lalu. Tahun lalu aku harus menikmati ramadhan di kota orang lain, jauh dari orang tua dan sanak saudara. Dan tahun ini, aku kembali dapat melaksanakan ibadah puasa dan menikmati indahnya ramadhan bersama orang-tua tercinta.

Aku ingat bagaimana tahun lalu aku bersama teman-teman kosan mempersiapkan hidangan berbuka puasa. Kami sering kali memasak bersama, meski tidak jarang pula kami membeli makanan yang sudah matang. Masakan yang biasa kami santap tidak jauh dari yang namanya cabe karena memang teman-temanku itu pada doyan cabe cabean. Iya bayangin aja, gak berbuka puasa kalo gak makan cabe.

Soal sahur kami lebih sering membeli makanan di warung-warung yang buka karena pastinya agak merepotkan jika harus memasak di waktu sahur. Aku juga ingat bagaimana sepinya kos-kosan ketika menjelang lebaran. Kami yang tadinya biasa berbuka beramai-ramai, kini hanya tersisa 3 orang. Untunglah kita semua adalah orang yang bisa masak. Gak kebayang kan kalo semuanya gak bisa masak, pasti bakal repot. Hahahaha.

Agak menyedihkan memang, tapi ada kesan tersendiri kala menikmati momen tersebut. Dan mungkin aku gak akan bisa lagi menemukan atau merasakan momen yang sama dikemudian hari karena semuanya sudah tidak sama lagi.