MPASI Untuk Si Kecil, Milna Bubur Organik

MPASI Untuk Si Kecil, Milna Bubur Organik – Gak terasa, keponakanku yang lucu itu sudah memasuki usia 6 bulan. Menurut sumber-sumber yang aku baca di internet sih di usia tersebut si bayi sudah boleh diberikan makanan padat pertama. Tapi makanan padat ini bukan berarti digunakan sebagai pengganti ASI loh ya, karena ibu masih diwajibkan untuk memberikan asupan ASI bagi si kecil.

Lalu untuk apa diberikan makanan padat? Nah disini nih yang perlu diperjelas. Makanan padat yang diberikan ini sifatnya hanya sebagai pendamping ASI atau biasa disebut sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena sifatnya yang hanya sebagai pendamping, maka jelas ini bukanlah asupan makanan utama bagi bayi. Pemberian makanan ini tujuannya hanya untuk memperkenalkan makanan padat pada bayi agar bayi bisa mulai mengenal rasa, bisa mulai belajar mengunyah dan juga mulai belajar menelan.

Nah karena tujuannya hanya untuk perkenalan, maka tidak disarankan untuk memberikan makanan pendamping ASI dalam jumlah yang terlalu banyak, khususnya saat usianya masih 6 bulan atau ketika masih baru mulai mencoba makanan padat. Selanjutnya secara bertahap ibu bisa memberikan porsi yang lebih banyak sesuai dengan kebutuhan bayi.

Dan karena keponakanku masih berumur sekitar 6 bulan, maka disini aku bakal ngebahas makanan untuk bayi berumur 6 bulan aja yaa. Seperti yang sudah kusebutkan tadi, di usia ini bayi bisa mulai diajari untuk memakan makanan padat, namun makanan yang diberikan tentu saja tidak boleh sembarangan.

Biasanya sih ibu bakal memberikan makanan berupa bubur ataupun sari buah. Iya, itu benar. Tapi sangat disarankan bubur atau makanan tersebut bersifat agak cair atau encer supaya bayi lebih mudah untuk menelannya. Dan soal porsi, beberapa sumber berpendapat bahwa ibu tak perlu memaksakan agar bayi makan dalam porsi yang terlalu banyak. Kenapa? Yaa namanya juga baru perkenalan, jadi harus pelan-pelan dulu.

Sistem pencernaan bayi masih belum siap untuk menerima makanan padat dalam jumlah banyak, sehingga hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ibu bisa membuat sendiri makanan-makanan yang akan diberikan pada si kecil, dan sangat disarankan untuk memberikan makanan dari bahan baku organik.

Organik itu apa sih?

Jadi bahan baku organik itu adalah bahan makanan yang diproses secara alami. Contoh yang paling mainstream adalah bahan makanan organik yang berasal dari tumbuhan. Proses penanaman dari tumbuhan tersebut menggunakan metode alami, dalam arti tidak menggunakan pupuk kimia, ataupun pestisida kimia yang bisa mencemari bahan makanan tersebut. Keuntungannya apa? Ya jelas lebih aman dan lebih sehat karena bebas dari paparan residu pestisida ataupun bahan kimia lainnya.

Nah jika ibu tidak sempat untuk membuat sendiri makanan yang akan diberikan untuk bayi, ibu bisa melirik salah satu produk instant seperti misalnya milna bubur bayi organik, MPASI terbaik untuk si kecil. Seperti namanya, makanan pendamping ASI dari milna yang ditujukan untuk bayi berusia 6 bulan keatas ini menggunakan bahan-bahan organik sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk si kecil.

Milna Bubur Organik Untuk MPASIDan sekali lagi aku ingatkan, untuk tidak memaksakan untuk memberikan makanan pada bayi dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena meskipun bahan makanan organik itu baik, tapi tetap saja akan bisa berdampak sebaliknya jika diberikan dalam porsi yang salah. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan berdampak baik.

Nah buat keponakanku, cepet gede yaa, tapi tolong ke-imut-an nya dijaga. Hihihi :p Semoga bisa menjadi anak yang baik, berbakti pada orang tua dan juga bisa membanggakan orangtuamu yaa, aamiin 😀